Sebelumnya saya akan menjelaskan sedikit tentang blender. Blender
adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di
bidang Desain Grafis. Perangkat lunak ini
juga memiliki fitur untuk membuat konten 3D, Blender juga dapat
digunakan dalam berbagai kegiatan multimedia seperti mengedit video,
membuat game, animasi, compositing, film animasi 3D dan lainnya yang
berhubungan dengan animasi 3D. Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan
kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja.
Oke langsung saja buka Software
Blendernya, jika sudah maka akan masuk tampilan blendernya dan view port
akan ada object default yaitu berbentuk kubus.
Disini saya membuat karakter yang
berbentuk Penyu. Yang bagian badannya saya bentuk dari
mesh-mesh/object-object yang sudah ada. Ya langsung saja karena saya
tidak menggunakan object kubus maka object saya delete dengan cara klik
kanan terlebih dahulu pada object yang ingin dihapus kemudian klik x
pada keyboard. Lalu akan muncul pilihan Delete lalu klik kiri maka
object yang tadi dipilih akan terhapus.
Jika sudah kita akan memulai membuat
bagian kepala menggunakan object/Mesh UV Sphere. Cara menambahkannya
menu add pada menu bar lalu pilih Mesh kemudian pilih UV Sphere.
Jika sudah object yang dipilih akan muncul pada Viewportnya.
Selanjutnya ketahap membentuk
kepalanya, disini saya membentuk sesuai keinginan saya. Pada membentuk
kepala tersebut saya menggunakan kombinasi Scale dan Translate. Sebelum
melakukan edit object kita harus mengklik tombol tab pada keyboard untuk
bisa mengedit object. Kemudian saya mencoba melancipkan bagian dagu.
Untuk memilih bagian yang diinginkan saja kita dapat men-selectnya
dengan cara klik “tab” lalu klik kanan pada object yang dipilih lalu
jika ingin memperbesar atau menambah selectnya dengan cara klik “Shift”.
Jika sudah bentuk seperti gambar di
atas. Dalam menselect bagian dari object kita bisa menselect dengan tiga
cara yaitu menselect titik, garis dan 1 sisi. Untuk mengganti cara
menselect kita bisa lihat pada bagian bawah pada blender yang akan
muncul apabila kita mengklik tombol tab pada keyboard.
Selanjutnya saya membuat bentuk badanya
dengan cara tambah lagi mesh UV Sphere. Saya akan membentuk seperti
tempurung penyu dengan cara select ½ bagian apabila kita ingin
menselect bagian dari objectnya lumayan banyak kita tidak usah menselect
1 persatu kita bisa menggunakan tombol “B” pada keyboard. Tombol B akan
menselect sesuai area yang kita buat. Dengan cara klik tab lalu klik
Tombol “A” untuk mendeselect lalu klik B dan buat area yang anda mau
edit.
Jika sudah seperti diatas lalu lepas.
Jika sudah perkecil pada bagian depan sehingga bagian belakang akan
lebih besar. Maka akan berbentuk seperti tempurungnya untuk mempercepat
gunakan shortkey “S” yaitu untuk scale.
Selanjutnya saya membuat bahu lengannya
tambahkan Mesh UV Sphere. Lalu kecilkan sesuai gambar kemudain letakan
pada bagainnya. Jika sudah makan bahu 1 bagian sudah jadi untuk membuat 1
bagian yang lain anda tidak perlu membuat object lagi. Anda bisa
mengcopy object tersebut dengan cara klik tombol “Shift” dengan “D” maka
object yang dipilih akan tercopy. Dan pindahkan object tersebut sesuai
sumbu Y agar sisi kiri dank an seimbang dengan cara klik saja tombol Y
pada saat memindahkan.
Jika sudah buat telapak tangannya.
Disini saja juga memakain Mesh UV Sphere lalu saya edit-edit sehingga
membentuk telapak tangan yang mempunyai 3 kuku.
Lalu letakan pada bagiannya.
Kemudian saya ingin menambahkan kaca
mata. Caranya select saja pada bagian matanya lalu duplikat kemudian
pindahkan pada sumbu z kedepan. Sehingga akan membentuk seperti kaca
mata
Lalu pada sisi ujung bagian kaca mata
edit dengan cara select garis pada ujung nya kemudian rapatkan pada
kepalanya sehingga akan terlihat kacamata tergantung pada kepalanya.
Jika suda buat kakinya dengan object UV
Sphere juga lalu klik tab dan pada bagian kiri blender ada tulisan Loop
Cut and Slide. Jadi kita dapat memotong bagian dari object.
Jika sudah pilih bagiannya pindahkan dengan mengklik g lalu
pindahkan sesuai sumbu y pada tambilan View. Agar object membentuk paha
kaki.
Untuk membuat bagian telapak kakinya saya juga menggunakan Mesh UV Sphere. Lalu edit objectnya seperti gambar dibawah.
Jika sudah letakkan pada tempatnya.
Kemudian saya menambahkan ekor dengan cara pilih saja bagian pada belakang lalu drag hingga membentuk seperti ekor.
Kemudian saya menambahkan pipinya menggunakan object UV Sphere agar terlihat lucu dan menarik.
ntuk menghaluskan object yang kita buat klik smooth pada bagian kiri blender.
Jika sudah di beri warna dan untuk melihat hasilnya kita menggunakan perintah Render atau klik F12.
Sekian tutorial dari saya. Karena saya masih dalam tahap belajar mohon maaf bila ada salah. Terima Kasih ^_^
No comments:
Post a Comment