Oke langsung saja kita masuk ke tutorial:
Anda bisa menggunakan software apapun untuk mempraktekkannya. karena tutorial ini pada dasarnya teori saja.
Dan teknik yang saya gunakan ini adalah teknik paling sederhana yang pernah saya gunakan untuk mempermudah anda dalam memahami pembuatan model wajah. Tentunya masih banyak teknik lain yang digunakan oleh artis 3D lainnya.
1. Buka software Blender.
2. Delete objek Cube yang ada. dan kita akan menggunakan objek plane sebagai dasar pembuatan wajah.
3. Gunakan gambar berikut ini sebagai acuan membuat model. tempatkan dua gambar ini pada viewport front dan right. Tentu sebelumnya anda harus split dulu 3D view anda menjadi dua bagian.
4. Atur posisi gambar sehingga memiliki ukuran yang sama
5. Buat sebuah objek plane dan rotasi menghadap kedepan dari viewport front
6. Masuk ke edit mode (TAB) dan cut loop menjadi dua bagian (CTRL+R). posisikan tiap vertex seperti pada gambar berikut ini:
7. Aktifkan seleksi FACE. Seleksi face bagian atas, lalu extrude (E), langsung klik kanan, dan scale (S) sehingga seperti pada gambar berikut
8. Lakukan juga pada face bagian bawah. dan delete face (X) seperti keterangan pada gambar berikut:
9. Kemudian geser posisi vertex seperti pada gambar berikut
10. Tambahkan edge loop dengan cut loop (CTRL+R) pada bagian atas dan bawah mata
11. Atur vertex pada bagian bibir, matadan hidung sehingg membentuk seperti pada gambar berikut
12. Tambahkan cut loop (CTRL+R) pada mata
13. Detailkan pada bagian mata
14. Extrude (E) face hidung
15.Seleksi face bawah hidung, extrude (E) dan scale (S) untuk lobang hidung
16. Hilangkan edge berikut dengan cara tekan X > disolve
17. Gunakan Knife tool (K) untuk membuat egde baru seperti pada gambar berikut. Gunakan Space bar untuk meng-comfirm perintah knife
18. lakukan juga untuk bagian egde berikut. Hilangkan edge ini
19. Gunakan knife (K) lagi untuk membuat edge berikut
20. Hilangkan edge ini (disolve)
21. Ganti dengan edge berikut. gunakan knife tool (K) 22. Kembali ke bagian bawah mata. Buat edge baru dengan knife (K) melanjutkan bagian yang kita hilangkan tadi
23. Tambahkan edge dengan cut loop (CTRL+R) untuk bagian mulut (samping dan bawah) juga bagian hidung
24. Atur posisi vertex sehingga tidak berdempetan. untuk mempermudah menggeser beberapa edge sekaligus gunakan EDGE SLIDE (CTRL+E > EDGE SLIDE)
Anda harus tetap memperhatikan gambar acuan tampak depan dan samping agar model yang kita buat tidak jauh berbeda dengan foto referensi.
25. Atur posisi vertex terluar sehingga membentuk seperti ini
26. Seleksi vertex berikut
27. extrude (E)
28. merge (ALT+M) kedua vertexyang terpisah menjadi menyatu seperti pada gambar berikut
29. Seleksi vertex berikut, dan extrude
30. extrude (E) beberapa kali dan rotasi (R) untuk membentuk seperti pada gambar berikut
31. Seleksi edge berikut
32. lalu extrude (E)
33. Sekarang aktifkan edge yang bagian bawah dari face yang baru saja kita buat. Lalu extrude seperti gambar berikut
34. tambahkan cut loop, dan merge (ALT+M) pada dua vertex sehingga menyambung seperti pada gambar dibawah ini
35. Extrude (E) edge bagian bawah (dagu)
36. extrude lagi kebawah sehingga sejajar dengan face bagian bawah (leher bawah)
37. Cut loop bagian mata
38. Seleksi bagian pinggir bibir. gunakan ALT agar terseleksi secara loop. kemudian extrude dan scale sehingg membentuk bibir seperti pada gambar berikut
39. Tambahkan edge jika dibutuhkan. Namun saya ingatkan untuk tetap membuat seminimal mungkin jumlah edgenya (low poly)
Selanjutnya anda bisa berimprove agar model wajah yang anda buat semakin baik.
Demikianlah tutorial membuat wajah dengan teknik tercepat yang tergolong tidak rumit. Kritik dan masukan saya tunggu.
Anda bisa menggunakan software apapun untuk mempraktekkannya. karena tutorial ini pada dasarnya teori saja.
Dan teknik yang saya gunakan ini adalah teknik paling sederhana yang pernah saya gunakan untuk mempermudah anda dalam memahami pembuatan model wajah. Tentunya masih banyak teknik lain yang digunakan oleh artis 3D lainnya.
1. Buka software Blender.
2. Delete objek Cube yang ada. dan kita akan menggunakan objek plane sebagai dasar pembuatan wajah.
3. Gunakan gambar berikut ini sebagai acuan membuat model. tempatkan dua gambar ini pada viewport front dan right. Tentu sebelumnya anda harus split dulu 3D view anda menjadi dua bagian.
4. Atur posisi gambar sehingga memiliki ukuran yang sama
5. Buat sebuah objek plane dan rotasi menghadap kedepan dari viewport front
6. Masuk ke edit mode (TAB) dan cut loop menjadi dua bagian (CTRL+R). posisikan tiap vertex seperti pada gambar berikut ini:
7. Aktifkan seleksi FACE. Seleksi face bagian atas, lalu extrude (E), langsung klik kanan, dan scale (S) sehingga seperti pada gambar berikut
8. Lakukan juga pada face bagian bawah. dan delete face (X) seperti keterangan pada gambar berikut:
9. Kemudian geser posisi vertex seperti pada gambar berikut
10. Tambahkan edge loop dengan cut loop (CTRL+R) pada bagian atas dan bawah mata
11. Atur vertex pada bagian bibir, matadan hidung sehingg membentuk seperti pada gambar berikut
12. Tambahkan cut loop (CTRL+R) pada mata
13. Detailkan pada bagian mata
14. Extrude (E) face hidung
15.Seleksi face bawah hidung, extrude (E) dan scale (S) untuk lobang hidung
16. Hilangkan edge berikut dengan cara tekan X > disolve
17. Gunakan Knife tool (K) untuk membuat egde baru seperti pada gambar berikut. Gunakan Space bar untuk meng-comfirm perintah knife
18. lakukan juga untuk bagian egde berikut. Hilangkan edge ini
19. Gunakan knife (K) lagi untuk membuat edge berikut
20. Hilangkan edge ini (disolve)
21. Ganti dengan edge berikut. gunakan knife tool (K) 22. Kembali ke bagian bawah mata. Buat edge baru dengan knife (K) melanjutkan bagian yang kita hilangkan tadi
23. Tambahkan edge dengan cut loop (CTRL+R) untuk bagian mulut (samping dan bawah) juga bagian hidung
24. Atur posisi vertex sehingga tidak berdempetan. untuk mempermudah menggeser beberapa edge sekaligus gunakan EDGE SLIDE (CTRL+E > EDGE SLIDE)
Anda harus tetap memperhatikan gambar acuan tampak depan dan samping agar model yang kita buat tidak jauh berbeda dengan foto referensi.
25. Atur posisi vertex terluar sehingga membentuk seperti ini
26. Seleksi vertex berikut
27. extrude (E)
28. merge (ALT+M) kedua vertexyang terpisah menjadi menyatu seperti pada gambar berikut
29. Seleksi vertex berikut, dan extrude
30. extrude (E) beberapa kali dan rotasi (R) untuk membentuk seperti pada gambar berikut
31. Seleksi edge berikut
32. lalu extrude (E)
33. Sekarang aktifkan edge yang bagian bawah dari face yang baru saja kita buat. Lalu extrude seperti gambar berikut
34. tambahkan cut loop, dan merge (ALT+M) pada dua vertex sehingga menyambung seperti pada gambar dibawah ini
35. Extrude (E) edge bagian bawah (dagu)
36. extrude lagi kebawah sehingga sejajar dengan face bagian bawah (leher bawah)
37. Cut loop bagian mata
38. Seleksi bagian pinggir bibir. gunakan ALT agar terseleksi secara loop. kemudian extrude dan scale sehingg membentuk bibir seperti pada gambar berikut
39. Tambahkan edge jika dibutuhkan. Namun saya ingatkan untuk tetap membuat seminimal mungkin jumlah edgenya (low poly)
Selanjutnya anda bisa berimprove agar model wajah yang anda buat semakin baik.
Demikianlah tutorial membuat wajah dengan teknik tercepat yang tergolong tidak rumit. Kritik dan masukan saya tunggu.
No comments:
Post a Comment